BPKAD Kabupaten Sanggau mempasilitasi Kegiatan evaluasi rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2016 yang dilaksanakan oleh BPKPD provinsi Kalimantan barat, bertempat di kantor BPKAD Kabupaten Sanggau

Dasar hukum:

  1. PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah;
  2. Permendagri nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011.

Berdasarkan keputusan gubernur Kalimantan barat tentang evaluasi rancangan Perda Kabupaten Sanggau tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan rancangan Perbup tentang penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016, BPKPD provinsi Kalimantan barat melaksanakan evaluasi terhadap  rancangan Perda Kabupaten Sanggau tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan rancangan Perbup tentang penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sanggau bertempat di kantor BPKAD Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini difasilitasi oleh BPKAD kabupaten sanggau.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 agustus 2017 yang dihadiri oleh tim evaluasi dari bpkpd provinsi Kalimantan barat sebanyak 6 orang, kepala BPKAD sanggau serta undangan dari 23 SKPD di lingkungan pemkab sanggau.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 Wib dan berakhir sampai dengan pukul 14.00 wib.

Berdasarkan hasil Evaluasi yang dilaksanakan oleh tim evaluasi dari BPKPD provinsi Kalimantan barat hal yang masih perlu menjadi perhatian bagi pemerintah Kabupaten Sanggau adalah:

  1. Pendapatan daerah.

Realisasi total pendapatan daerah Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2016 mengalami kenaikan dibandingkan realisasi total pendapatan daerah tahun anggaran 2015.

Sehubungan Dengan angka kenaikan realisasi total pendapatan daerah tersebut, pemerintah Kabupaten Sanggau harus tetap mempertahankan angka kenaikan realissi total pendapatan daerah antara lain melalui kajian dan analisa untuk mengetahui akurasi potensi nyata pendapatan daerah, serta mempertimbangkan antara lain factor inflasi dan asumsi ekonomi makro yang lain sehingga kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Sanggau dapat lebih ditingkatkan lagi.

Dalam mengalokasikan anggaran belanja harus memperhatikan skala prioritas. dengan memperhatikan prinsip-prinsip penganggaran diantaranya yaitu efisiensi dan efektifitas anggaran.  Efisiensi dan efektifitas anggaran berarti penyusunan anggaran hendaknya dilakukan berlandaskan azas efisiensi, tepat guna, tepat waktu dalam

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.